Senin, 19 November 2012


SEJARAH KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA HINGGA SEKARANG

Pengertian komputer
Komputer adalah Alat bantu bagi manusia untuk mengelolah dan mencari data. Komputer berasal dar bahasa latin “t compute yang artinya alat hitung.”Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalaharitmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

BERDASARKAN GENERASI 1).Komputer Generasi Pertama
  Komputer generasi pertama ini dimulai pada tahun 1946-1959. Sebenarnya sebelum tahun 1946, komputer sudah elektronik tapi belum bisa menyimpan program karena konsep Strored Program baru dikenal pada tahun 1946. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

 Berikut ini adalah ciri-ciri komputer generasi pertama:
·         Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
·         Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
·         Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
·         Cepat panas.
·         Proses kurang cepat.
·         Kapasitas penyimpanan kecil.
·         Memerlukan dya listrik yang besar.
·         Orientasi pada aplikasi bisnis.

Sifat-sifatnya:
·         Memerlukan banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
·         Prosesnya relatif lambat
·         Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
·         Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL


Contoh komputer generasi pertama :
·          - ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) 
·         terdiri dari 70.000 resistor , 5 juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa udara serta mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt.Komputer jenis ini merupakan komputer serbaguna yang dapat bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan komputer Mark I.
·         - EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) mengurangi penggunaan tabung-tabung vakum, menggunakan sistem nomor binari dan konsep aturcara tersimpan (stored program concept) serta proses penghitungannya lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC.


  2). Komputer Generasi Kedua
          Komputer generasi kedua ini dimulai pada tahun 1959-1965.
Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri seperti berikut ini:
·         Sirkutinya berupa transistor.
·         Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
·         Kapasitas memori utama sudah cukup besar
·         Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
·         Proses operasi sudah cepat Membutuhkan lebih sedikit daya listrik

 Komputer generasi kedua diantaranya adalah :
·         UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 9pabrik pembuatnya Sperry Rand-UNIVAC)
·         Burrouhgs 200 (pabrik pembuatnya Burroughs)
·         IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600
·         NCR 300 (pabrik pembuatnya National Cash Register)
·         Honeywell 400, Honeywell 800
·         CDC 1604, CDC 160A (pabrik pembuatnya Control Data Corporation)
·         GE 635, GE 645, GE 200 (pabrik pembuatnya General Electric)

Contoh komputer generasi  kedua: IBM 1401, IBM 7090, dan ILLIAC-11


  3).  Komputer Generasi Ketiga
         Komputer generasi ketiga ini dimulai pada tahun 1965-1970
Ciri-Ciri computer generasi ketiga :
·         Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
·         Peningkatan dari softwarenya.
·         Pemrosesan lebh cepat.
·         Kapasitas memori lebih besar.
·         Penggunaan listrik lebih hemat.
·         Bentuk fisik lebih kecil.
·         Harga semakin murah.

  4). Komputer Generasi Keempat
  Komputer generasi keempat ini dimulai pada tahun 1970.
 Berikut ini adalah ciri-ciri komputer generasi keempat :
Komponen utamanya sudah menggunakan LSI (Large Scale Integration) atau disebut juga dengan Bipolar Large Scale Integration yaitu sebuah chip yang berisi ribuan IC (Integrated Circuit) dan setelah itu LSI tadi dikembangkan menjadi VLSI(Very Large Scale Integration). Jika pada komputer generasi sebelumnya menggunakanmagnetic core storage sebagai memorinya kini pada komputer generasi keempat sudah menggunakan microprocessor dansemiconductor.
Ciri-ciri :
·         Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan Ribuan IC menjadi sebuah chip.
·         Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Contoh komputer generasi keempat:

5. Komputer generasi V (1980-an-sekarang)                                                               

Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.

Ciri-ciri:                                                  
·         Pengembangan VLSI ( Very Large Scale Integration) 
·         Pengembangan  Josephson Junction
·         Lebih compact-kecil
·         Dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat.

Contoh komputer generasi kelima :
Sekarang – Masa depan


 IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Apple II, COMMODORE PC



Pentingkah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi?

Pentingkah Mata kuliah Bahasa Indonesia harus diajarkan di perguruan tinggi? jawabannya iya, kenapa? pertama karena kita sendiri tinggal di Indonesia dan sebagai warga negara Indonesia alangkah lucunya jika kita tidak mempelajari bahasa dari negara kita sendiri. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional negara Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu. Bahasa Indonesia sudah diajarkan sejak tingkat SD, SMP, dan SMA. Oleh karena itu sebaiknya setelah jenjang SMA bahasa Indonesia sudah dikuasai atau setidaknya mempunyai pengetahuan yang memadai tentang Bahasa Indonesia. Namun faktanya, masih sedikit mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia secara maksimal.
Selain itu bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari diperguruan tinggi, dikarenakan di universitas setiap mahasiswa berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kemudian, bahasa Indonesia sebagai panduan untuk penyusunan dan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dalam komunikasi ilmiah (skripsi, tesis, disertasi, dll), selain itu mempelajari bahasa Indonesia bagi mahasiswa di universitas sama halnya seperti mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA, namun pembahasan di universitas lebih spesifik dan mendalam, dan sebagian besar mahasiswa masih tetap ingin mempelajari bahasa Indonesia dikarenakan agar mereka mampu bertata bahasa dengan baik dan benar.
Alasan inilah yang membuat Dirjen depdiknas RI memutuskan memasukan Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diajarkan di seluruh perguruan tinggi dan seluruh jurusan. Tujuannya untuk mengasah kemampuan berbahasa dan mengembangkan kepribadian para mahasiswa. Sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita selaku Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menguasai dan menerapkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari–hari dengan baik dan benar, sehingga bahasa Indonesia dapat terjaga keasliannya.
Dalam perguruan tinggi, kita akan sering membuat karya ilmiah. Bukan hanya karya ilmiah yang akan kita buat melainkan laporan praktikum, skripsi, thesis dan karya tulis lainnya. Di perguruan tinggi, kita akan mempelajari Bahasa Indonesia dimana kita dituntut untuk mempertahankan Bahasa Indonesia. Ini dilakukan supaya tidak luntur oleh kalangan banyak pemuda dan pengaruh budaya asing yang cenderung mempengaruhi pikiran generasi muda. Di dalam mata kuliah Bahasa Indonesia, kita pasti mempelajari dan memahami arti pentingnya tata bahasa dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam pembuatan karya ilmiah dan sejenisnya. Setelah kita bisa memahami EYD dengan baik dan benar, kita akan bisa mengetahui konsep penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada. Sebagai seorang mahasiswa, selayaknya kita menambah kosakata yang sesuai dengan keilmuan yang kita tekuni di perguruan tinggi. Kita harus bisa menggunakan diksi-diksi yang baik dan kalimat-kalimat yang efektif sesuai jenjang pendidikan, bukan seperti anak SMA dan SMP lagi.
Dalam suatu karya ilmiah, penggunaan bahasa memiliki arti yang sangat penting. Bahasa adalah alat komunikasi lingual manusia, baik secara lisan maupun tertulis. Untuk penggunaan bahasa dalam suatu karya ilmiah berarti menitikberatkan suatu bahasa sebagai alat komunikasi berupa tulisan. Karena itu, penggunaan bahasa dalam karya ilmiah sangatlah penting. Pengertian dari karya ilmiah sendiri adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Terdapat berbagai jenis karangan ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium , artikel jurnal, yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan.
Nah, untuk di tingkatan perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah, seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Yang disebut terakhir umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis pakar-pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian. Selain itu karena alasan di atas, terdapat beberapa hal lain yang membuat bahasa indonesia harus dijadikan mata kuliah di perguruan tinggi.
Dengan demikian, sangat penting untuk mengadakan mata kuliah Bahasa Indonesia di setiap perguruan tinggi selain karena bahasa indonesia merupakan bahasa negara kita sendiri dan sebagai bahasa pemersatu dengan cara ini juga kita secara tidak langsung telah melestarikan bahasa kita. siapa lagi yang akan melestarikan bahasa Indonesia ini kalau bukan kita sebagai warga negara itu sendiri.


Shopping Online